Upaya Memprotek Website Kamu dari Negative SEO

Apakah Itu Negative SEO? SEO Negatif merupakan serangkaian perlakuan yang dilakukan oleh pesaing untuk menyabotase ranking website Kamu pada search engine. Umumnya negative SEO memakai tehnik SEO yang tidak diperbolehkan oleh aturan Google Webmaster, cara yang tidak etis ataupun kerap disebut dengan teknik black hat. Apakah Negative SEO merupakan Ancaman yang Nyata? Ya jelas ancaman ini nyata. Negative SEO adalah satu rintangan yang musti dihadapi para pengelola web, serta sudah terdapat sejumlah web yang kena dampaknya. Web yang kena dampak negatif SEO kerapkali mendapati kendala untuk membalikan reputasinya di pandangan Google. Sebab itu negative SEO musti dicegah dari sekarang. Cara Pencegahan dari Serangan Negatif SEO

Mengelola email alert Webmaster Tools. Google dapat mengirim alert ke email Kamu:

  1. Ketika ada malware menyerang web Kamu
  2. Ketika web tidak dapat diindeks dengan Google
  3. Ketika koneksi server website Kamu eror
  4. Ketika web Kamu mendapat manual penalty dari pihak Google
  5. Bila sekarang web Kamu tidak terkoneksi dengan account Google Webmaster Tools, maka ada baiknya kerjakan sekarang. Login ke account Google webmaster Kamu, kemudian kunjungi “Webmaster Tools Preferences”.

Lacak Backlinks Yang Kamu Bangun

Ini merupakan langkah yang amat penting Kamu lakukan untuk melakukan pencegahan para spammer sukses ‘mengerjai’ situs Anda. Sebagian besar dari kegiatan Negative SEO dilakukan menggunakan cara membangun links dari website-website yang memiliki kualitas rendah ataupun links redirect. Tools yang dapat dipakai untuk mencari baclinks menuju ke web kita ialah Opensiteexplorer.org serta Ahrefs.com. Pergunakan tools itu dengan berkala untuk memperoleh informasi perkembangan links menuju ke web Kamu. Tool lainnya yang dapat Kamu pertimbangkan ialah MonitorBacklinks.com (berbayar).

Lindungilah Backlinks Terbaik Kamu

Tak sedikit praktek Negative SEO yang berupaya mencoba menghapus link yang telah kita bangun dengan sulit. Mereka menjalaninya dengan menghubungi pengelola situs-situs di mana links Kamu berada. Dengan mengatasnamakan diri Kamu, mereka mencoba minta si pengelola web tersebut menghapus link Kamu. Untuk melakukan pencegahan hal ini, kita dianjurkan untuk memakai email dengan domain sendiri ketika membangun link serta mengkontak pemilik web lain. Ini dapat mencegah orang lain berpura-pura jadi Kamu ketika mengkontak pengelola web tempat link Kamu berada.

Amankan Web Kamu dari Terjangan Hacker serta Malware

Kita setuju bahwa keamanan web merupakan sesuatu yang amat penting serta krusial. Apapun platform web Kamu, pastikan jika keamanan untuk web yang Kamu bangun telah cukup kuat. Jika Kamu mempergunakan platform WordPress, Kamu dapat membaca sejumlah tips untuk memproteksi web/ blog Kamu dari terjangan Hacker. Kamu pun dapat menginstal plugin tambahan untuk menaikan keamanan web WordPress Kamu, yakni dengan menginstal plugin Google Authenticator. Plugin ini bakal menaikan keamanan web WordPress dengan mempraktikkan verifikasi pasword 2 langkah. Tiap kali log in ke web WordPress, Kamu bakal diminta untuk menambah kode yang dikirim oleh Google Authenticator menuju smartphone Kamu (tersedia bagi Android serta iOS).

Terapkan Strategy SEO yang Etis

Banyak orang yang beranggapan jika semua strategi membangun baclinks bagi SEO adalah bentuk SPAM yang terkoordinir. Jelas saja hal ini tidak seluruhnya betul, meskipun memang sejumlah penggiat SEO mengerjakan SPAM. Hindari tindakan dibawah ini:

  1. Janganlah memberi link menuju situs yang kena pinalty
  2. Janganlah mempublish artikel yang memiliki kualitas rendah, seperti artikel dari guest blogger
  3. Janganlah memakai keywords yang sama terlampau banyak untuk links Kamu
  4. Janganlah membeli links dari blog networks, ini dapat berbahaya untuk SEO Kamu untuk periode panjang

Janganlah Mencari Musuh Di Internet

Seperti istilah yang kerap kita dengar “Seribu teman masih tetap kelewat sedikit, akan tetapi satu musuh sudah begitu banyak”, begitulah sebaiknya kita mendirikan komunitas online yang bersih. Tidak ada Manfaatnya membikin permusuhan, khususnya di internet. Janganlah membuat musuh di dunia online sebab Kamu tidak pernah tahu lagi dihadapkan dengan siapa. Bila Kamu menyadari jika seseorang mulai mengerjakan Negative SEO kepada web bisnis Kamu, maka Kamu musti melakukan sejumlah hal dibawah ini:

  1. Membuat List Backlinks yang Ingin Kamu Hapus: Monitor perkembangan jumlah backlinks menuju web Kamu dengan berkala. Tandai seluruh links menuju situs Kamu, informasi ini dapat kita peroleh lewat Google Webmaster Tools ataupun dengan bantuan tools yang dikatakan di atas. Cek sumber links Kamu, apakah links itu dapat merusak reputasi web Kamu di kemudian hari? Jika iya, maka Kamu musti bersiap-siap untuk menghapusnya.
  2. Menghapus Backlinks: Sehabis membuat daftar web sumber backlinks yang ingin dihapus, cara berikutnya ialah mengkontak webmaster ataupun admin web itu. Bila web tersebut tidak menulis halaman kontak, maka kita dapat mengkontak webmaster dengan mencari pemiliknya memakai web Who.is untuk mendapatkan alamat email ataupun nomor telepon.
  3. Bikin List Disavow Links: Bila Kamu mendapat email seputar manual penalty, langkah yang dapat Kamu lakukan ialah memakai Google Disavow Tool. Metode di poin 1 dan 2 barangkali tidak mampu kita lakukan, maka untuk menonaktifkan bad links ini kita dapat menciptakan list disavow yang akhirnya bisa kita submit di Google Webmaster Tools.

Leave a Reply

Your email address will not be published.